Pembukaan Kegiatan Raimuna Daerah Bali XII Tahun 2022

(Saniscara Pon, 3 Desember 2022)

Gubernur Bali Wayan Koster diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Dikpora) Provinsi Bali Dr. KN. Boy Jayawibawa membuka secara resmi Kegiatan Raimuna Daerah Bali XII Tahun 2022 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Margarana, Tabanan pada hari Sabtu Tanggal 3 Desember 2022.

Raimuna dalam Dunia Kepramukaan menjadi sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi seorang anggota pramuka. Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kemudian kata raimuna merupakan gabungan dari dua kata, yakni rai dan muna, rai memiliki arti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu, lalu muna adalah daya jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam pencapaian kesuksesan.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadis Dikpora mengajak kepada seluruh peserta Raimuna agar kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan sebagai wadah bagi pramuka penegak dan pandega “dari, oleh dan untuk penegak dan pandega itu sendiri”. Ambil hikmah dan pembelajaran serta pengalaman yang didapatkan selama mengikuti kegiatan Raida, pererat tali persaudaraan sesama pramuka dan selalu tumbuhkan semangat dan jiwa gotong royong sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat dicapai yaitu mampu membentuk karakter dan kualitas diri anggota pramuka.