Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Menengah Tahun 2023

Soma Umanis, 15 Mei 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Dikpora) Provinsi Bali Dr. KN Boy Jayawibawa didampingi oleh Kepala UPTD. Balai Pengembangan Teknis dan Keterampilan Kejuruan Ni Komang Sriani, SE,. M.A.P. dan Kepala Seksi Pengembangan Teknis, Desak Made Hernawati, S. Pd., M.A.P. membuka Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Menengah Tahun 2023 di Aula Disdikpora Provinsi Bali pada hari Senin, 15 mei 2023.

Pelatihan akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tgl 15 s. d. 17 Mei 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang guru bahasa bali SMA/SMK seluruh kabupaten/kota se-Bali, dengan melibatkan pengajar dari Disdikpora Provinsi Bali, Widyaiswara BPMP Provinsi Bali, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universits Udayana. Kadis Dikpora dalam sambutan menyampaikan pengembangan muatan lokal bahasa bali sangat penting, karena bahasa bali adalah bahasa daerah dan merupakan bahasa ibu bagi masyarakat Bali yang berfungsi sebagai bahasa komunikasi antar masyarakat Bali. Muatan lokal Bahasa Bali diharapkan dapat membentuk pemahaman dan membentuk sikap positif peserta didik terhadap potensi di daerah tempat tinggalnya.

Berangkat dari kondisi tersebut Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali melalui UPTD. Balai Pengembangan Teknis dan Keterampilan Kejuruan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Menengah Tahun 2023 sebagai salah satu sarana dan upaya dalam peningkatan mutu pendidikan dengan melibatkan para guru bahasa bali seluruh kabupaten/kota se-Bali untuk dapat mengembangkan kemampuan diri menyusun kurikulum muatan lokal (bahasa bali)  disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan menentukan strategi apa yang harus dikembangkan untuk mengukur keberhasilan guru dan peserta didik.