Peluncuran Program SMK-D2 Fast Track & Kerjasama Politeknik Negeri Bali dengan SMK Se-Bali

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Dikpora) Provinsi Bali diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMK memberikan sambutan pada acara Peluncuran Program SMK-D2  Fast Track Kerjasama Politeknik Negeri Bali Dengan SMK Se-Bali. Disdikpora menyambut baik dan memberi apresiasi tinggi kepada Dirjen Vokasi dan Politeknik Negeri Bali atas inisiasi dan terselenggaranya Program SMK-D2 Fast Track Kerjasama Politeknik Negeri Bali dengan SMK se-Bali. Program ini merupakan tindak lanjut Sosialisasi yang disampaikan Bapak Dirjen Vokasi di SMK Negeri 5 Denpasar pada hari Senin, 29 Maret 2021.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melakukan program sinkronisasi pendidikan SMK dengan Kampus Vokasi dalam program SMK D2 Fast Track. Program ini diharapkan dapat membuat lulusan vokasi memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI, bahkan lulusan vokasi agar mampu menghasilkan produk mandiri dan dapat dipasarkan ke masyarakat. Untuk itu, DUDI juga memegang peranan penting untuk bisa ikut terlibat langsung dalam pengembangan Program SMK-D2 Fast Track ini, sehingga lulusan dari program ini sesuai dengan kebutuhan DUDI saat ini.

Program SMK-D2 Fast Track menginterkoneksikan perguruan tinggi vokasi serta Dunia Industri, sehingga konsep link and super match dapat dilakukan semaksimal mungkin. Intinya link and super match tidak sekedar MoU saja, banyak yang akan dilakukan seperti kurikulum bersama, sertifikasi, pengajarnya pun dari industri dan perguruan tinggi pada saat siswa menempuh pembelajaran di SMK maupun di perguruan tinggi.

Program SMK-D2 Fast Track, sejalan dengan Visi Bapak Gubernur Bali yaitu “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI” Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, dimana pada misi ke 6 adalah mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berdaya saing tinggi yaitu berkualitas dan berintegritas, bermutu, profesional dan bermoral serta memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali.