PEMBUKAAN Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2023 di Palembang

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua Pelaksana Popnas XVI 2023 Supriono.Secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2023 di Palembang Sport and Convention Center. Turut serta Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali menghadiri serta berpartisipasi untuk mendampingi para atlet yang akan mewakili Bali dalam ajang Popnas XVI tahun 2023. Sekretaris Disdikpora Provinsi Bali I Made Sutarjana, S.Sos. M.M beserta Bidang Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali. Pada Minggu (Redite, Kliwon Pujut) 27/8/2023.

Sekitar 10 ribu atlet serta pendamping dari seluruh Indonesia ikut berpartisipasi pada Pembukaan Popnas XVI 2023 yang akan berlangsung pada 27 Agustus hingga 4 September 2023 di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Menpora mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Terutama kepada semua atlet yang bertanding. Popnas merupakan titik awal untuk kedepannya bahkan mewakili Indonesia di kancah Olimpiade Internasional.

Harapannya kepada para atlet yang bertanding untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding, dapat mencetak atlet-atlet di kalangan pelajar yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional dan melalui ajang ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumsel.

Ketua Pelaksana Popnas XVI/2023 Supriono mengatakan sebanyak 22 cabang olahraga dipertandingkan pada ajang nasional ini dan 335 nomor pertandingan. dengan memperebutkan 1.443 medali.
Medali yang diperebutkan dalam pekan olahraga pelajar itu dengan perincian 339 emas, 339 perak, dan 465 perunggu.

Sebanyak 22 cabang olahraga yang dipertandingkan itu diantaranya bola voli, bulu tangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam artistik dan ritmik, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis, tinju, wushu taolu dan sanda.