Workshop Peningkatan Tata Kelola Manajemen Sekolah,Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Rangka Mendukung Nangun Sat Kerthi Loka Bali

Soma Wage, 29 Maret 2021

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Dikpora) Provinsi Bali Dr. KN. Boy Jayawibawa menghadiri dan membuka kegiatan Workshop Peningkatan Tata Kelola Manajemen Sekolah, Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Rangka Mendukung Nangun Sat Kerthi Loka Bali bertempat di SMA Negeri 1 Kediri. Dalam kesempatan tersebut, Kadis Dikpora menyampaikan seluruh satuan pendidikan menengah di 9 Kabupaten/Kota wajib mensukseskan Visi Gubernur Bali Bapak Wayan Koster “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru”. Dari 22 misi yang harus dilaksanakan, Disdikpora Provinsi Bali mengemban misi 4,5,6 dan 11. Turut hadir Bapak Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Sekdis Dikpora) Provinsi Bali I Ketut Sudarma, S.Sos sebagai narasumber dalam workshop tersebut. Sekdis Dikpora dalam paparannya menyampaikan :

  1. Dalam rangka mewujudkan menuju wajar 12 tahun dan SDM Bali Unggul satuan pendidkan wajib menerapkan pola pembelajaran dengan peningkatan kompetensi capaian sikap, pengetahuan dan keterampilan baik guru maupun peserta didik yang santun, tangguh, ulet dan pantang menyerah.
  2. Guru profesional yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi dalam
    mendampingi, membimbing dan mengajar siswa merupakan kewajiban untuk mencapai siswa-siswa yang unggul dalam sikap, pengetahuan dan memiliki keterampilan.
  3. Situasi saat ini terhadap pembelajaran daring yang merupakan salah satu pola terbaik dalam pembelajaran karna kita mengedepankan kesehatan siswa guru dan tenaga pendidik namun dalam pelaksanaanya sesuai Hasil evaluasi dan masukan dari orang tua dan siswa Pembelajaran daring masih terkendala pada guru yang sebagian masih belum maksimal dalam penyajian materinya yang cendrung memberikan penugasan ke siswanya, untuk itu kedepannya guru
    wajib menyajikan materi yg inovatif, kreatif, menarik, korektif dan kolaboratif.