Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan di Bidang Pendidikan Sekolah Menegah Atas

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali melalui bidang Pembinaan SMA melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan di Bidang Pendidikan Sekolah Menegah Atas Yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali (Kadisdikpora Provinsi Bali) Dr. KN Boy Jayawibawa didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan SMA Ngurah B.G Pasek Wira Kusuma, ST., MM bertempat di Aula Disdikpora Provinsi Bali yang dilaksanakan pada 06 Juni 2023.


Adapun poin topik yang dibahas yakni Program Kurikulum Merdeka dan Sekolah Penggerak.
Sesuai dengan Visi Pendidikan Indonesia pelaksanaan dan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Sekolah Penggerak memiliki karakteristik diantaranya:


Kurikulum merdeka memberikan flesksibilitas dan dukungan bagi pendidik untuk bergotong royong menciptakan pembelajaran berkulalitas yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan Pendidikan untuk itu, Kurikulum Merdeka mengatur muatan dan beban belajar intrakurikuler,kokurikuler dan ekstrakurikuler.
Sedangkan untuk Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya seperti :Kolaborasi, Holistik, Saluran Kondisi, Pedampingan, Terintegrasi. Program ini melewati tahap-tahap yakni: Tahap Persiapan, Tahap Implementasi, Tahap Evaluasi.


Diharapkan dengan penerapan Kurikulum Merdeka dan Sekolah Penggerak dapat membuat Inovasi bagi para guru serta cara belajar siswa yang inovatif dan menyenangkan.